Pages

Minggu, 12 Desember 2010

Pakistan panggil duta besar Inggris

Pemerintah Pakistan telah memanggil duta besar Inggris di Islamabad berkaitan dengan komentar Perdana Menteri Inggris, David Cameron, beberapa waktu lalu.

Duta besar Inggris, Adam Thomson, sudah memberikan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang diajukan Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi, di ibukota Islamabad.

Usai pemanggilan, Kementrian Luar Negeri Inggris menyebutkan pertemuan keduanya membahas sejumlah masalah yang meluas, termasuk rencana kunjungan Presiden Asif Ali Zardari ke Inggris.

Pekan lalu Cameron membuat marah Pakistan karena menyebut negara itu mempromosikan ekspor terorisme.

"Kita tidak bisa mentolerir dalam pengertian apa pun, gagasan bahwa negara itu diijinkan untuk melihat kedua arah dan -dengan cara tertentu- mempromosikan ekspor terorisme, apakah itu ke India atau ke Afghanistan atau ke mana pun di bagian dunia lainnya."

Komentar itu meningkatkan ketegangan kedua negara dan dinas intelijen Pakistan membatalkan kunjungan yang sudah direncanakan ke Inggris sementara di Karachi warga membakar boneka David Cameron.


Tekanan bagi Zardari

Kini Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, yang mendapat tekanan untuk membatalkan kunjungan ke Inggris, yang direncanakan Selasa 3 Agustus 2010.

Menteri Penerangan Pakistan, Qamar Zaman Kaira, mengatakan Presiden Zardari dalam kunjungannya ke Inggris ingin mengupayakan koreksi atas "mispersepsi" David Cameron.

Komentar Cameron diungkapkan setelah bocornya dokumen Amerika Serikat di situs Wikileaks yang menuduh dinas intelijen Pakistan, ISI, membantu pemberontakan di Afghanistan.

Menurut dokumen-dokumen yang dirahasiakan tersebut, petugas intelijen Pakistan bertemu dengan Taliban untuk mengatur serangan atas pasukan Amerika Serikat di Afghanistan dan pembunuhan para pemimpin Afghanistan.

Namun Islamabad mengatakan mereka merupakan korban terorisme sama seperti negara lainnya.

Kelompok Taliban dan al-Qaida di Pakistan sudah menewaskan 3.500 orang dalam waktu tiga tahun belakangan.

Militer Pakistan melancarkan operasi terhadap kelompok-kelompok militan di Waziristan Selatan dan Lembah Swat di dekat perbatasan dengan Afghanistan, namun gempuran-gempuran itu tampaknya memicu serangan teror di kawasan Pakistan.

•detik

0 komentar:

Posting Komentar