Pages

Selasa, 07 Desember 2010

Kabel Rahasia Kedutaan Besar AS

Wikileaks dimulai pada penerbitan hari Minggu 28 November 2010, sebanyak 251.287 data kabel rahasia kedutaan Amerika Serikat BOCOR, kumpulan dokumen rahasia terbesar yang pernah dilepaskan ke dalam domain publik. Dokumen rahasia ini akan memberi tahu kepada orang di seluruh dunia yang tak pernah tahu apa yang terjadi dalam kegiatan Pemerintahan Amerika Serikat.

Kabel rahasia yang dimulai dari tahun 1966 sampai akhir Februari tahun 2010 ini, berisi komunikasi rahasia antara 274 kedutaan besar di negara-negara di seluruh dunia dan Departemen Luar Negeri di Washington DC. 15.652 dari kabel yang diklasifikasikan "Rahasia".

Kabel rahasia Kedutaan akan dirilis secara bertahap selama beberapa bulan ke depan. Subyek kabel rahasia ini begitu penting, dan penyebaran geografis begitu luas, bahwa untuk melakukan sebaliknya tidak akan melakukan hal ini keadilan material.

Kabel rahasia menunjukkan sejauh mana AS memata-matai sekutu-sekutunya dan PBB; menutup mata terhadap korupsi dan pelanggaran HAM di "negara klien"; berhubungan dengan negara-negara yang seharusnya netral; melobi perusahaan-perusahaan AS, dan langkah-langkah diplomat AS yang diperlukan untuk mencari muka kepada mereka yang memiliki akses.

Dokumen ini mengungkapkan kontradiksi antara persona publik AS dan apa yang dikatakannya di balik pintu tertutup dan menunjukkan bahwa jika warga negara dalam demokrasi ingin pemerintah mereka untuk mencerminkan keinginan mereka, mereka harus meminta untuk melihat apa yang terjadi di balik layar.

Setiap anak sekolah Amerika mengajarkan bahwa George Washington - Presiden negara pertama - tidak dapat berbohong. Jika administrasi penerusnya tinggal sampai dengan prinsip yang sama, banjir dokumen hari ini akan menjadi malapetaka. Sebaliknya, Pemerintah Amerika Serikat telah memperingatkan pemerintah negara lain - bahkan yang paling korup - di seluruh dunia tentang kebocoran yang datang dan menguatkan dirinya untuk eksposur.

Dokumen lengkap terdiri dari 251.287 dokumen, yang terdiri dari 261.276.536 kata-kata (tujuh kali ukuran "Perang Irak", rilis informasi yang sebelumnya diklasifikasikan terbesar di dunia).

Kabel rahasia penutup dari 28 Desember 1966 untuk 28 Februari 2010 dan berasal dari 274 kedutaan, konsulat dan misi diplomatik.

0 komentar:

Posting Komentar